Hari kedua Trip Dieng - DCF 9 : Berawal dari Sikunir, bermalam di Diengatasawan

by - 07.29

Hari kedua ini seperti yang aku bilang sebelumnya. Semalem aku dan wenty memutuskan untuk pulang sekitar jam 11 malam demi menyiapkan energi buat nanjak bukit sikunir besok subuh dengan tujuan melihat matahari terbit. Karena di sikunir ini terkenal dengan golden sunrise-nya, semangat banget dong kita ya hihi

Sekitar jam setengah 3 pagi, kita udah harus bangun dan siap-siap buat nanjak. Ternyata dinginnya super banget. Gak pake mandi dan ngapa-ngapain langsung pake baju 3 lapis dan celana 2 lapis demi menghangatkan tubuh. Dari homestay, kami menggunakan engkel menuju tempat penanjakan. Kira-kira 20 menit kami sudah sampai. Ternyata gak semua ikutan trekking, mungkin gak kuat karena dingin banget kali ya.

Tepat jam 4 pagi, kami dikumpulkan bersama pemandu. Diberi rute dan bayangan jalanan yang akan kita tempuh juga tidak lupa Berdoa sebelum melakukan penanjakan. Rute trekking sudah menggunakan tangga, memudahkan untuk para penanjak yang masih pemula kayak aku he he he tapi ternyata capek dan engap juga ya, iyalah secara nanjaknya sekitar 800meter-an. Tiap naik beberapa anak tangga langsung minggir kekanan buat ngatur nafas. Sempet bilang ke wenty kalo duluan aja nanti ketemu diatas (kalo aku masih kuat), but wenty tetep nungguin aku dan nyemangatin (Makasih ya alay hi hi hi)

Banyak juga penanjak yang lemas, ada yang sampe pingsan juga. Jadi muncul rasa takut.
Tapi setelah nanjak bareng ibu-ibu yang udah gak muda lagi dan juga ada anak kecil yang semangat banget buat nyampe ke atas, plus tambahan energy semangat dari Wenty-nya akuu hihi akhirnya aku terus naik ke atas bukit sampai dilokasi view sunrise.

Jam 5 pagi, kami udah sampai di atas bukit, mampir ke mushollah dulu kemudian baru naik lagi agak keatas bukit buat dapet view sunrise. Masya Allah pas nyampe diatas bukit pas banget matahari mulai memancarkan sinar ke-orange-an yang indah banget. Alhamdulillah cuaca lagi cerah banget jadi bisa bener-bener nikmatin keindahan alam yang luar biasa ini. Pertama kalinya kesini wajar dong kalo aku norak hihihi aku langsung cari posisi tepat didepan gunung sindoro yang berdiri gagah, dan dikelilingi gumpalan awan berwarna putih. Gak berhenti-berhenti bersyukur sambil mau netesin air mata. Duh, namanya juga melankolis yeuh. Gak kuat nanjak mau nangis. Kuat nanjak sampai atas mau nangis juga hahaha anaknya melow-an

Sambil makan choki-choki yang udah jadi bekel, mari kita piknik 😂😂
Besok kalo diajak nanjak lagi mau ikutan lagi gak mel? || MAAAAUUUUU!!!!!!
Meskipun gak mudah nyampe atas bukit, tapi lelah dibayar lunas pas liat sunrise yang indah banget. Yang main-main ke Dieng, jangan lupa mampir kesini yaaa!!! Gak rugi broosis!! 👍

Jam 7 pagi, kami mulai menuruni bukit melalui jalan yang tadi pagi buta kita lewatin dan baru sadar ternyata trek nya kanan-kiri jurang. Tetep hati-hati ya teman-teman yang perjalanan naik maupun perjalanan turun.

Sampai dibawah mulai nyari teh panas dan wenty minum coklat panas. Akhirnya nemuin teh yang bener-bener panas di Dieng. Biasanya walaupun pas dituangin kegelas masih ada asap ngebulnya tapi pas disruput taunya gak panas. Kan sedih huhu

Kuy kita pulang ke homestay naik engkel.

Kira-kira jam 8 lewat, kami udah sampe homestay. Langsung mandi dan makan pagi. Lalu Berjemur di teras homestay karena dari semalem kedinginan parah. Sekitar jam 11 siang, aku dan wenty jalan-jalan ke kawasan candi arjuna.

Sesungguhnya di hari sabtu ini, banyak acara yang ditampilkan dari jam 8 pagi, ternyata pas kita kesana, festival-festival yang disuguhkan udah berakhir, karena kita datang kesiangan kali ya huhu

Sebelumnya kami mampir dulu ke komplek candi arjuna, tempat ini lah yang jadi tempat ruwatan rambut anak gembel pada hari minggu esok. Tapi kita masih bisa main dan foto-foto diarea candi kok tapi tetep jangan lewatin batas ya.

Selain candi arjuna, ada juga candi srikandi dan candi puntadewa. Banyak juga orang-orang yang berkumpul menikmati keindahan candi-candi tersebut meskipun panas terik.

Setelah dari candi arjuna, kita pindah menuju venue panggung utama. Tapi dipertengah perjalanan, kami melihat pertunjukan seni kuda lumping dulu. Banyak yang terkesima dengan pertunjukan ini.

Kuda lumping atau jaran kepang merupakan tarian tradisional khas jawa. Diiringi dengan tembang-tembang jawa yang dinyanyikan oleh sinden dan pukulan gamelan beserta alat musik lainnya, sang penari dengan luwes berputar-putar dilapangan, sesekali mereka memakan bohlam pecah dan pecahan beling lainnya.

Sekitar jam setengah 12 siang, pertunjukan selesai. Aku dan Wenty laangsung menuju panggung utama. Disekitar venue, ternyata banyak yang sedang berkreasi dengan caping yang didapat dari include pembelian tiket masuk DCF.

Caping merupakan topi berbentuk kerucut yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya caping ini digunakan untuk melindungi kepala dari teriknya matahari. Caping yang didapat ini berwarna agak kecokelatan, tapi karena adanya kreasi caping caping di acara DCF ini, warna caping tiap orang jadi berbeda-beda, sesuai dengan kreasi masing-masing.

Dan ternyata aku sama Wenty lupa bawa caping huhu akhirnya kami memutuskan untuk pulang ke homestay lalu balik lagi buat ngehias caping. Meskipun itu hanyalah niat karena ternyata kami gak jadi balik lagi ke venue karena udah nempel dikasur buat istirahat hahaha

Sebelum pergi dari area DCF, kami sempet main ke depan panggung dan ternyata ada yang sedang check sound. Siapa kah itu? Yes! The rain! Salah satu bintang tamu yang akan tampil di acara diengatasawan nanti malam. Duh, dengan jarak segitu deketnya ku cuma bisa motoin doang, gak berani nyamperin. Emang dasar yeuh.

Selesai liat the rain check sound, aku dan wenty langsung menuju ketempat makan siang. Setelah itu, kita pulang ke homestay dan istirahat buat persiapan tenaga nanti malam menerjang kedinginan.

Setelah sholat maghrib, dengan baju 4 lapis, syal, topi panda, jaket, celana lapis 2, kaos kaki lapis 2, langsung cus ke venue panggung utama. Eits jangan lupa lampionnya dibawa yaa karena nanti kita akan nerbangin lampion bareng-bareng (terseruuu!!!). Orang semakin ramai, tua-muda semua beriringan menuju tempat acara. Ramainya melebihi malam sebelumnya, mungkin ini juga yang menyebabkan suhunya gak terlalu dingin dibanding kemarin malam. Eh tapi mungkin karena aku pake baju yang lebih tebel juga kali ya hehe

Sama seperti malam sebelumnya, kami duduk lesehan sambil menonton pertunjukan musik. untuk malam ini, bintang tamunya ada Hiroaki Kato, Letto, The Rain dan masih banyak lagi. Hanyut dalam nuansa malam yang ramai, berteman dengan dingin malam dan alam yang menyatukan kami. Lagu demi lagu dinyanyikan hingga kami bernyanyi bersama.

Sekitar jam 10 malam, bersamaan dengan Band Letto menugukan lagu cahaya, dilanjutkan dengan acara penerbangan lampion secara bersamaan. Masing-masing pengunjung memiliki 1 lampion yang siap diterbangkan. Dan ternyata menerbangkan lampion sangat-sangat menyulitkan. Merasakan arah angin dan keahlian menjepit "si lilin" biar gak jatoh adalah salah dua keahlian yang harus dimiliki. Kertas lampion juga jangan sampai robek ya guys karena itu juga pengaruh berhasil atau tidaknya. Pokoknya dalam penerbangan lampion ini tiap orang harus sangat berhati-hati.

Terus sampah lampion yang segitu banyaknya dikemanain ya?
Menurut informasi sih, akan ada petugas yang sudah siap udah membersihkan sampah-sampah lampion yang nantinya jatuh ke bawah.

Selesai menerbangkan lampion, kami dihibur lagi oleh The Rain yang merupakan bintang tamu penutup di acara diengatasawan ini. Malam itu di Dieng sangat ramai dan semua menikmati acara meskipun makin malam makin dingin suhunya.

Setelah selesai acara, aku dan Wenty pulang ke homesaty dengan acara kesasar hihihi tapi akhirnya kami menemukan jalan pulang 😂😂

Acara Dieng Culture Festival di hari ke 2 ini berakhir tetap dengan dingin dan kegembiraan yang menghangatkan.

"Kamu, dia, dan semesta bersenandung, seraya romansa bumi ada padamu"- Senandung Negeri di Atas Awan