Selfie sambil Marathon di Jakarta Museum Marathon - Smart Race 2019

by - 22.36

"Ini Melan lagi ngapain sih, pagi-pagi udah posting selfie di Museum?"
Pasti teman-teman online ku bertanya-tanya dalam hati seperti itu hehe


Hollaaaa, ditanggal 4 Agustus 2019 lalu, saya bersama sahabat (@wentywidyast) ikut berpartisipasi di acara marathon yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Acara ini bukan sekedar lari marathon dengan kecepatan maksimal sampai garis finish, tapi ada misi khusus yang diusung oleh penyelenggara untuk mengajak semua kalangan dari anak-anak hingga orangtua yaitu fun race education. Seperti tagline-nya, "Selfie Museum and Run Track" mengharuskan kami para peserta untuk berselfie di museum sesuai track yang diberikan tanpa menyentuh, menyenggol apalagi merusak koleksi museum, sekaligus mengasah kreativitas kami menuliskan caption di media sosial instagram sebagai ajang promosi, edukasi dan pengenalan museum.

Pendaftaran dan verifikasi

Pendaftaran melalui website official JMM di www.jakartamuseumarathon.com dimulai sejak awal bulan juli 2019. Ada beberapa kategori yang bisa dipilih, yaitu jelajah museum, duo umum, duo komunitas, duo family, duo kostum. Oiya, pendaftaran ini GRATIISSSSS lho guys.
Saya memilih kategori duo umum dengan partner langganan saya, wenty hihi
Setelah mengisi form dengan lengkap diwebsite, maka kita akan mendapatkan email verifikasi oleh pihak penyelenggara. Pada email tersebut, terlampir beberapa file diantaranya peraturan mengikuti marathon dan pemberitahuan jadwal untuk pengambilan racepack.



Pengambilan Racepack

Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, karena lokasi kantor saya dan dinas pariwisata tidak terlalu jauh, jadi saya memutuskan untuk mengambil disiang hari. Sesungguhnya menghindari macet juga sih.
Setelah sampai di tempat yang ditentukan, selanjutnya saya diberikan racepack dengan isi: kaos, nomor peserta, kartu bni tap cash dan voucher pakalolo.
Lumayan banget kan?

Racepack JMM 2019


Hari-H


4 Agustus 2019, saya bersama wenty berangkat menuju museum kesejarahan dengan busway. Sekitar jam 5 kami janjian di shalter PGC, dengan mata yang masih mengantuk, kami memikirkan caption yang sesuai dengan tema yang diberikan. Sebenernya sedari kemarin sudah memikirkan apa yang akan kita tulis nantinya dan ciri khas kita dalam caption dan foto yang diupload. Preapare banget sih? IYAAA DOOONG!! Hihihi

Sampai di halaman depan museum kesejarahan, sudah banyak yang berkumpul dari berbagai kategori, dari yang memakai kostum gatot kaca hingga kreatifitas membuat gaun dari plastik bungkus sabun cuci. Ibu dan anak yang pasti mengikuti kategori duo family. Adapula yang asik bermain bola dengan teman-temanya (yang ini sih bukan bagian dari peserta tapi bagian pemeriah ditiap minggu pagi hehe)
Marathon dimulai dengan menuju ke museum wayang, kemudian berlari ke museum bahari, lalu museum seni rupa & keramik dan berakhir di museum kesejarahan. Para peserta diharuskan berfoto selfie dengan partner masing-masing, disalah satu spot di museum, kemudian langsung mengupload ke instagram, jangan lupa juga untuk menuliskan caption promosi museum ya dan menunjukan ke panitia pos di pintu keluar bahwa kami sudah mengupload.

Kesan dan Pesan

 

Inovasi luar biasa dari pihak penyelenggara untuk mempromosikan museum ke khalayak ramai. Antusiasme para runners juga sangat tinggi. Menunjukkan bahwa museum masih menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi kaum milenial sekarang.
Senang rasanya bisa ikut berpartisipasi. Meskipun dengan pantun "Bu Yayuk beli gandum" disetiap postingan, belum bisa mengantarkan kami (saya dan wenty) menjadi salah satu juara, tapi setidaknya kami sudah menjadi bagian dari Jakarta Marathon Museum Smart Race 2019
Semoga tahun depan acaranya bisa lebih meriah lagi dan hadiahnya lebih banyak lagi biar kesempatan menangnya besar hahaha

Dan semoga temen-temen yang menang gak cuma bawa pulang hadiah dan euforia nya hanya sehari, semoga temen-temen bisa bawa saudara, sahabat dan orang-orang terkasih buat kenal dan mengunjungi museum.

Selamat untuk para juara, salam sehat untuk para runners.

Bu Yayuk beli gandum
Yuk, ke Museum!

You May Also Like

0 komentar